Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Advertisement
Rabu, 21 Agustus 2024, Agustus 21, 2024 WIB
Last Updated 2024-08-21T14:11:01Z

Kenang Perjuangan Polri Raih Kemerdekaan, Personel Rumkit Bhayangkara Ikuti Upacara Hari Juang Polri

Advertisement


PALANGKA RAYA – Rumah Sakit (Rumkit) Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya Polda Kalteng ikuti upacara Peringatan Hari Juang Polri bertempat di Lapangan Barigas Mapolda Kalteng, Rabu (21/8/2024) pagi.

Upacara peringatan Hari Juang Polri Tahun 2024 yang berlangsung dengan Khidmah itu dipimpin langsung oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto diikuti Wakapolda Kateng Brigjen. Pol. Dr. Rakhmad Setyadi, S.I.K., S.H., M.H., Pejabat Utama (PJU) Polda, dan seluruh personel Polda Kalteng.

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya Kompol dr. Anton Sudarto mewakili Kapolda Kalteng mengatakan, hari juang yang diperingati hari ini telah ditetapkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam peraturan Kapolri Nomor 95/I/2024 tentang Hari Juang Polri tanggal 22 Januari 2024.

Kemudian, sesuai Keputusan Kapolri Nomor: KEP/1325/VII/2024 tanggal 12 Agustus 204 tentang Tata Upacara Hari Juang Polri.

“Penetapan tanggal 21 Agustus dilakukan mengingat terjadi peristiwa Proklamasi Polisi Republik Indonesia yang dilakukan oleh Polisi Istimewa di bawah pimpinan Inspektur Polisi Kelas 1, Moehammad Jasin pada 21 Agustus tahun 1945,” ujarnya.

Sementara itu kibaran bendera Merah Putih, sekitar 250 orang anggota Kesatuan Polisi Istimewa berkumpul di halaman depan markas Polisi Istimewa. Kini markas itu menjadi sekolah Saint Louis, di Jalan Polisi Istimewa, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Kompol dr. Anton Sudarto juga menambahkan, Kapolda mengingatkan bahwa Hari Juang Polri merupakan momentum penting dalam mengenang perjuangan Polisi raih kemerdekaan.

“Renungkan ini semua. Ini momentum strategis dan ini pertama kali dilaksanakan hari juang Polri, kita siap mengabdi demi terwujudnya Indonesia Emas 2045,” pesan Kapolda yang disampaikan Karumkit. (Har/sam)